Rabu, 15 April 2020

6 Penyebab setir mobil bunyi

Bunyi-bunyian abnormal yang muncul saat berkendara memang kerap membuat tidak nyaman. Selain munculnya kekhawatiran akan kerusakan yang tiba-tiba, bunyi yang muncul juga dapat mengganggu konsentrasi selama mengemudi.  Ya, bunyi-bunyian abnormal pada mobil bisa terjadi di seluruh sistem yang ada termasuk salah satunya adalah sistem kemudi.

Sistem kemudi ini memiliki banyak komponen, mulai dari setir mobil hingga ball joint yang ada di dekat roda. Masalah bunyi-bunyian yang muncul pada setir mobil ini umumnya akan timbul saat mobil melaju di jalan bergelombang atau saat setir mobil di belokkan.

Umumnya, bunyi yang muncul berupa suara kletek-kletek atau klutuk-klutuk yang terdengar cukup nyaring dari dalam kabin pengemudi. Nah, pada artikel berikut ini, ombro akan berbagi informasi masalah mobil terkait penyebab setir mobil bunyi. Simak info penyebab setir mobil bunyi dibawah ini.

bunyian abnormal yang muncul saat berkendara memang kerap membuat tidak nyaman 6 Penyebab setir mobil bunyi


1. Bearing pada steering column oblak


Penyebab setir mobil bunyi yang pertama adalah akibat komponen bearing pada steering column oblak. Bearing steering column ini merupakan bearing yang dipasang pada bagian steering column dan terletak di dalam kabin tepat dibawah setir.

Model bearingnya bermacam-macam, ada yang menggunakan roller ball bearing dan ada pula yang menggunakan teflon dengan bola-bola bearing di sekelilingnya. Bearing-bearing ini umumnya tidak mudah oblak, namun beberapa diantaranya pernah ditemukan sudah oblak dan menimbulkan bunyi.

Bunyi yang ditimbulkan akibat bearing steering column oblak ini umumnya akan terdengar lebih kuat saat melewati jalanan yang tidak rata dan bergelombang. Bunyi tersebut mengelarkan suara seperti "klutuk-klutuk" yang muncul tepat dari bagian bawah setir mobil anda.


2. Bearing steering joint oblak


Penyebab setir mobil bunyi yang kedua adalah akibat bearing steering joint oblak. Bearing steering joint ini bentuknya seperti universal joint dan terpasang untuk menyambungkan bagian steering column dengan intermediate shaft.

Saat bearing steering joint ini oblak, maka bunyi "kletek-kletek" akan muncul, terutama saat setir mobil di belokkan arahnya baik saat belok ke kiri ataupun saat berbelok kek kanan. Bunyi yang muncul akibat bearing steering joint oblak ini juga kerap muncul saat mobil berjalan di jalan tidak rata dan bergelombang.


3. Intermediate steering shaft spline oblak


Penyebab setir mobil bunyi yang ketiga adalah akibat intermediate steering shaft spline oblak. Intermediate shaft merupakan batang penghubung antara steering column dengan steering rack gear. Intermediate shaft ini dapat kita temukan dibagian luar kendaraan yang mengarah ke power steering rack.

Selain terdapat universal joint di ujung-ujungnya, pada bagian tengah intermediate shaft ini juga terdapat spline (sambungan) yang dapat bergerak maju mundur.

Fungsi spline ini umumnya untuk menyesuaikan perubahan jarak antara steering rack gear dengan steering column, entah karena mobil mengalami benturan atau kejutan saat menghantam jalan berlubang. Selain itu, adanya spline ini juga dapat memudahkan mekanik saat melakukan pemasangan intermediate shaft.

Seiring pemakaian kendaraan, spline pada intermediate shaft ini juga kerap mengalami keausan dan oblak. Akibatnya akan muncul bunyi yang tedengar hingga kedalam kabin penumpang. Bunyi pada setir akibat spline yang oblak juga kerap muncul saat moibl berjalan di jalan bergelombang serta pada saat setir di belokkan.

Baca juga :


4. Steering rack gear oblak


Penyebab setir mobil bunyi yang keempat adalah akibat steering rack gear oblak. Steering rack gear merupakan gigi-gigi penghubung yang akan mengubah gerak berputar steering wheel menjadi gerakan mendorong dan menarik sisi-sisi roda mobil melalui long tie rod dan tie rod end.

Pada bagian dalam steering rack gear ini umumnya terdapat sebuah pegas dan teflon yang akan mendorong steering rack shaft agar tidak mudah oblak. Namun seiring pemakaian, teflon bisa mengalami keausan dan pegas penyetel akan mengendur. Akibatnya akan muncul bunyi pada setir mboil pada bagian ini.


5. Long tie rod ball joint oblak


Penyebab setir mobil bunyi yang selanjutnya adalah akibat long tie rod ball joint yang sudah oblak. Long tie rod ball joint ini merupakan ball joint yang menjadi penghubung antara steering rack shaft dengan tie rod end.

Long tie rod ball joint yang oblak kerap menimbulkan suara "gluduk-gluduk" yang terdengar hingga ke dalam kabin mobil dan getarannya terasa hingga ke setir mobil. Namun umumnya bunyi ini akan muncul hanya ketika mobil melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang saja, bunyi jarang muncul saat setir di belokkan.


6. Tie rod end ball joint oblak


Penyebab setir mobil bunyi yang terakhir ombro ketahui adalah akibat tie rod end oblak TIe rod end ball joint merupakan penghubung antara long tie rod dengan knuckle (tempat roda dipasang). Tie rod end ball joint yang oblak ini juga kerap menimbulkan bunyi dan getaran yang terkadang bisa terasa hingga ke setir.

Bunyi yang muncul akibat tie rod end ball joint oblak ini juga mirip dengan bunyi akibat long tie rod, namun umumnya bunyi yang terasa terdengar lebih ke luar dibandingkan bunyi dari long tie rod yang oblak.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil